MAKALAH
PENGGUNAAN
MOODLE DALAM PEMBELAJARAN
Diajukan
Untuk memenuhi Tugas Matakuliah
Pengantar
Teknologi Informasi
Dosen
Pengampu
WIWIN
HARTANTO SPd, MPd.
Disusun
oleh
ROHMAT
WAHID ARRASY
160210301056
Kelas
B
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
JEMBER
2017
Kata Pengantar
Segala puji bagi Allah
yang telah memberikan rahmat serta hidayahnya dan berkat pertolongan-Nya
makalah dengan judul”Penggunaan Moodle dalam Pembelajaran” bisa diselesaikan
dengan baik dan tepat waktu. Shalawat serta salam semoga senantiasa selalu
dipanjatkan pada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa kita
dari jaman jahiliyah menuju jaman islamiyah.
Atas terselesainya
makalah ini selaku penulisan mengucapakan banyak terima kasih atas segala
bantuan dan partisipasinya dalam pembuatan makalah ini. Dalam penulisan makalah
ini penulis sadar bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna.karena
keterbatasan pengetahuan dan pengalaman kami,untuk itu penulis memohon
kritik.dan saran yang bersifat membangun khususnya dari dosen pengampu untuk
kami jadikan bekal dan acuan dalam pembelajaran kami kedepannya. Semoga makalah
ini bisa bermanfaat bagi semuanya dan dapat dijadikan acuan dalam metode
pembelajaran kedepannya dan semoga Allah SWT Selalu memberikan rahmat serta
hidayahnya kepada kita semua.
Daftar Isi
BAB I Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Pendidikan
merupakan suatu tolak ukur kemajuan dalam suatu bangsa. Bangsa dikatakan maju
jika pendidikan di bangsa itu bagus dan berkembang. Seiring perkembangan Globalisasi dan IPTEK pendidikan juga semakin
ikut maju dan berkembang pada setiap negara.
Di
era baru pendidikan seperti saat ini banyak diperkenalkan reformasi pendidikan
yang berkaitan dengan teknologi yang sangat bermanfaat bagi perkembangan
pendidikan. Teknologi bisa digunakan semua kalangan dalam penerapannya dalam
pendidikan. Teknologi bisa digunakan
dalam pendidikan karena mempermudah berjalannya pembelajaran dan memudahkan
mencari informasi terbaru yang lebih mutakhir.
Pendidikan
dan teknologi merupakan unsur yang sangatlah berkaitan dalam
perkembangannya,diperlukan pembahasan khusus mengenai hubungan dan implementasi
teknologi pada pendidikan. Aplikasi dalam teknologi sangatlah membantu
pembelajaran yang akan dijalankan. Oleh karena itu pembahasan yang ada dalam
makalah ini sangatlah berguna untuk dijadikan refrensi dalam pemilihan teknologi
apa yang sebaiknya diterpkan dalam pendidikan.
1.2 Rumusan Masalah
1. Pengertian
Moodle
2. Penciptaan
Moodle
3. Fitur
Moodle
4. Pembelajaran
Moodle
1.3 Tujuan
1. Mengetahui
pengertian Moodle
2. Mengetahui
siapa pencipta Moodle
3. Mengetahui
fitur dalam Moodle
4. Mengetahui
bagaiman pembelajaran menggunakan Moodle
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Moodle
MOODLE
(Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat
lunak yang diproduksi untuk kegiatan berbasis internet dan situs web yang
menggunakan prinsip social constuktionist pedagogy. Moodle merupakan salah satu
aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar yang memanfaatkan teknologi
informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau E-Learning.
Moodle dapat digunakan secara bebas sebagai produk sumber terbuka(open source)
dibawah lisensi GNU. Moodle dapat diinstal dikomputer dan sistem oprasi apapun
yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL.
Di
dunia e-learning Indonesia, Moodle lebih dikenal fungsinya sebagai Course
Manajemen System(LMS). Dengan tampilan seperti halaman web pada umumnya, Moodle
memiliki fitur utuk menyajikan kursus,dimana pengajar bisa mengunggah materi
ajar soal dan tugas. Murid bisa log in ke Moodle kemudian memilih kursus yang
disediakan atau di-enroll untuknya.
Aktifitas murid di dalam moodle ini akan terpantau prgress dan nilainya. Di
Indonesia sendiri, diketahui bahwa Moodle telah dimanfaatkan untuk sekolah
menengah,perguruan tinggi dan perusahaan
2.2 Penciptaan Moodle
Aplikasi
Moodle dikembangkan pertama kali oleh Martin Dougiamas pada Agustus 2002 dengan
Moodle Versi 1.0. Saat ini moodle bisa dipakai oleh siapa saja secara open
source. Sistim yang dibutuhkan agar aplikasi
Moodle ini dapat berjalan dengan baik adalah sebagai berikut:
1. Apache
Web Browser
2. PHP
3. Database
MySQL atau PostgrSQL
Dengan
menggunakan Moodle kita dapat membangun sisitim denagn konsep
e-learning(pembelajaran secara elektronik) ataupun Distance
Learning(pembelajaran jarak jauh). Dengan konsep ini sistem belajar mengajar
akan tidak terbatas ruang dan waktu, seorang dosen/guru/pengajar dapat
memberikan materi pembelajaran dari mana saja. Begitu juga dengan para
murid/mahasiswa dapat mengikuti pembelajaran dari mana saja.
2.3 Fitur Moodle
1. Assigment: Fasilitas
ini digunakan untuk memberikan pengasan kepada peserta pembelajaran secara
online. Peserta pembelajaran dapat mengakses materi tugas dan mengumpulkan
hasil tugas mereka dengan mengirimkan file hasil pekerjaan mereka.
2. Chat:
Fasilitas ini digunakan untuk melakukan proses chatting(percakapan online)
antara pengajar dan peserta pembelajaran dapat melakukan dialog teks secara
online.
3. Forum:
sebuah forum diskusi secara online dapat diciptakan dalam membahas suatu materi
pembelajaran dapat membahas topik topik belajar dalam suatu forum diskusi.
4. Kuis:
dengan fasilitas ini memungkinkan untuk
dilakukan ujian ataupun test secara online.
5. Survey:
fasilitas ini digunakan untuk melakukan jajak pendapat moodle juga menyediakan kemudahan untuk
mengganti model tampilan website e-learning dengan menggunakan teknik template.
6. Bahasa:
beberapa pilihan bahasa juga telah disediakan oleh aplikasi Moodle. Dukungan
terhadap bahsa tertentu ini terus berkembang dan dapat di dapatkan dengan cara
mendownloadnya dari website Moodle. Saat ini juga sdah tersedia bahasa
Indonesia sehingga kita daapat dengan mudah berkomuikasi melalui moodle.
7. Scrorm: Sharerable
Conten Object Reference Model (SCORM). Adalah standart pendistribusian paket
pembelajaran elektronik yang dpat digunakan untuk menampug brbagai macam format
materi pembelajaran,baik dalam bentuk teks,animasi,audio dan video. Dengan
menggunakan SCORM maka materi pembelajaran dapat digunakan dimana saja pada
aplikasi e-learning lain yang mendukung SCORM.
Untuk
fungsi fungsi baru yang lebih spesifik infrastruktur Moodle mendukung banyak
tipe plugin seperti:
1. aktifitas(termasuk
permainan matematika dan kata)
2. jenis
jenis sumber daya
3. jenis
jens pertanyyan(pilihan ganda, benar/salah,mengisi titik-titik, dll)
4. jenis
jenis pengisian data(untuk aktifitas database
5. tema
bergambar
6. metode
autentifikasi(yang membutuhkan akses menggunakan username dan password)
7. metode
pengambilan pembelajaran
8. penyaring
konten
2.4 Pengaplikasian Moodle dalam Pembelajaran
Pembelajaran
menggunakan Moodle sangat menekankan pembelajaran(tidak hanya guru) dapat
berkontibusi pada pengalaman edukasional. Menggunakan prinsip pedagogikal,
Moodle menyediakan lingkungan fleksibel untuk komunitas belajar. Di dunia
e-learning indonesia moodle lebih dikenal fungsinya sebagai Course Management
System atau Learning Management System (LMS). Moodle memiliki fitur menyajikan
kursus dimana pengajar bisa mengunggah materi ajar,soal dan tugas.murid bisa
masuk log in pada moodle kemudian bisa memilih kursus yang disediakan.
Aktifitas murid di dala moodle ini akan terpantau progress dan nilainya. Di
indonesia sendiri penggunakan Moodle sering digunakan oleh sekolah menengah
atas, perguruan tinggi dan perusahaan.
Menggunakan
Moodle jelas mempermudah prses pembelajaran dan berjalannya komunikasi antar
civitas akademik. Menggunakan fitur yang tersedia di Moodle parapeserta didik
juga lebih mudah menerima informasi terbaru yang ada pada sat itu baik dari
guru, internet dan teman sendiri
2.5 Kekurangan Moodle
1. Memerlukan pemahaman yang lebih mendalam mengenai sistem Moodle
2. Perlunya
tenaga ahli untuk membangun sistem e-learningnya.
3. Membutuhkan
biaya lebih.
4. Memerlukan
hardware khusus.
5.
Harus menginstal aplikasi khusus.
2.6 Kelebihan Moodle
1. Sistem
jaringan dan keamanannya dapat disetting sendiri.
2. Ruang
akses yang dapat dibatasi sesuai dengan kebutuhan(karna bersiafat open source)
3. Fitur
yang lengakap untuk sebuah proses pembelajaran jarak jauh.
4. Ruang
akses yang dapat disesuaikan denagn jaringan yang dibuat.
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Pesatnya
kemajuan teknologi memudahkan kegiatan pembelajaran denagan e-learning. Segala
yang dibutuhkan telah tersedia dengan mudahnya. Guru bahkan bukan lagi satu
satunya sumber ilmu pengetahuan dan informasi,melaikan juga sebagai fasilitator
yang memfasilitasi hasrat dan keinginan belajar peserta didik. Guru,siswa dan
tujuan pendidikan akan membentuk suatu triangle. Jika hilang salah satu
komponen tersebut maka hilang pulalah hakikat pendidikan. Dalam situasi
tertentu tugas guru dapat diwakilkan atau dibantu oleh unsue lain seperti media
teknologi tetapi guru tetaplah tidak dapat tergantikan peranannya.Dengan
menggunakan Modle maka peran guru akan terbantu dalam proses pembelajaran,
menggukan berbagai fitur di dalamnya
yang sudah begitu mumpuni untuk melakukan pross pembelajaran jarak jauh.
3.2 Saran
Penggunaan
Moodle yang sangat baik dan besar kontribusinya pada pendidikan ini sebaiknya
sering sering diterapkan pada tiap sekolah, selain membantu komunikasi antara
guru dan murid Moodle juga sangat membantu cara belajar murid dengan menggunkan
berbagai fitur menarik didalamnya. Sebaiknya aplikasi Moodle ini terus
dikembangkan dan ditingkatkan pelayanannya.
DAFTAR PUSATAKA
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Moodle
http://herdyplanet.blogspot.co.id/2011/07/sejarah-moodle.html?m=1
https://wiearthabatch7.wordpress.com/2013/01/21/kelebihan-dan-kekurangan-moodle-dan-edmodo/
https://moodle.org/mod/forum/discuss.php?d=158093
http://bayupambudi.blogs.uny.ac.id/2015/11/26/aplikasi-pembelajaran-moodle/
https://anamipit.wordpress.com/2014/11/03/teknologi-yang-digunakan-di-bidang-pendidikan/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar