Kamis, 27 April 2017

penggunaan moodle dalam pembelajaran



Description: C:\Users\Bayu\Desktop\Logo-Unej-Bakucompress.png
MAKALAH
PENGGUNAAN MOODLE DALAM PEMBELAJARAN
Diajukan Untuk memenuhi Tugas Matakuliah
Pengantar Teknologi Informasi


Dosen Pengampu
WIWIN HARTANTO SPd, MPd.

Disusun oleh
ROHMAT WAHID ARRASY
160210301056
Kelas B




PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2017


Kata Pengantar

Segala puji bagi Allah yang telah memberikan rahmat serta hidayahnya dan berkat pertolongan-Nya makalah dengan judul”Penggunaan Moodle dalam Pembelajaran” bisa diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Shalawat serta salam semoga senantiasa selalu dipanjatkan pada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa kita dari jaman jahiliyah menuju jaman islamiyah.
Atas terselesainya makalah ini selaku penulisan mengucapakan banyak terima kasih atas segala bantuan dan partisipasinya dalam pembuatan makalah ini. Dalam penulisan makalah ini penulis sadar bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna.karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman kami,untuk itu penulis memohon kritik.dan saran yang bersifat membangun khususnya dari dosen pengampu untuk kami jadikan bekal dan acuan dalam pembelajaran kami kedepannya. Semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi semuanya dan dapat dijadikan acuan dalam metode pembelajaran kedepannya dan semoga Allah SWT Selalu memberikan rahmat serta hidayahnya kepada kita semua.


Daftar Isi






BAB I Pendahuluan

1.1  Latar Belakang

Pendidikan merupakan suatu tolak ukur kemajuan dalam suatu bangsa. Bangsa dikatakan maju jika pendidikan di bangsa itu bagus dan berkembang. Seiring perkembangan  Globalisasi dan IPTEK pendidikan juga semakin ikut maju dan berkembang pada setiap negara.
Di era baru pendidikan seperti saat ini banyak diperkenalkan reformasi pendidikan yang berkaitan dengan teknologi yang sangat bermanfaat bagi perkembangan pendidikan. Teknologi bisa digunakan semua kalangan dalam penerapannya dalam pendidikan. Teknologi  bisa digunakan dalam pendidikan karena mempermudah berjalannya pembelajaran dan memudahkan mencari informasi terbaru yang lebih mutakhir.
Pendidikan dan teknologi merupakan unsur yang sangatlah berkaitan dalam perkembangannya,diperlukan pembahasan khusus mengenai hubungan dan implementasi teknologi pada pendidikan. Aplikasi dalam teknologi sangatlah membantu pembelajaran yang akan dijalankan. Oleh karena itu pembahasan yang ada dalam makalah ini sangatlah berguna untuk dijadikan refrensi dalam pemilihan teknologi apa yang sebaiknya diterpkan dalam pendidikan.

1.2  Rumusan Masalah

1.      Pengertian Moodle
2.      Penciptaan  Moodle
3.      Fitur Moodle
4.      Pembelajaran Moodle

1.3  Tujuan

1.      Mengetahui pengertian Moodle
2.      Mengetahui siapa pencipta Moodle
3.      Mengetahui fitur dalam Moodle
4.      Mengetahui bagaiman pembelajaran menggunakan Moodle


BAB II PEMBAHASAN

2.1  Pengertian Moodle

                MOODLE (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constuktionist pedagogy. Moodle merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau E-Learning. Moodle dapat digunakan secara bebas sebagai produk sumber terbuka(open source) dibawah lisensi GNU. Moodle dapat diinstal dikomputer dan sistem oprasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL.
            Di dunia e-learning Indonesia, Moodle lebih dikenal fungsinya sebagai Course Manajemen System(LMS). Dengan tampilan seperti halaman web pada umumnya, Moodle memiliki fitur utuk menyajikan kursus,dimana pengajar bisa mengunggah materi ajar soal dan tugas. Murid bisa log in ke Moodle kemudian memilih kursus yang disediakan atau di-enroll untuknya. Aktifitas murid di dalam moodle ini akan terpantau prgress dan nilainya. Di Indonesia sendiri, diketahui bahwa Moodle telah dimanfaatkan untuk sekolah menengah,perguruan tinggi dan perusahaan

2.2  Penciptaan Moodle

            Aplikasi Moodle dikembangkan pertama kali oleh Martin Dougiamas pada Agustus 2002 dengan Moodle Versi 1.0. Saat ini moodle bisa dipakai oleh siapa saja secara open source. Sistim yang dibutuhkan agar aplikasi  Moodle ini dapat berjalan dengan baik adalah sebagai berikut:
1.      Apache Web Browser
2.      PHP
3.      Database MySQL atau PostgrSQL
Dengan menggunakan Moodle kita dapat membangun sisitim denagn konsep e-learning(pembelajaran secara elektronik) ataupun Distance Learning(pembelajaran jarak jauh). Dengan konsep ini sistem belajar mengajar akan tidak terbatas ruang dan waktu, seorang dosen/guru/pengajar dapat memberikan materi pembelajaran dari mana saja. Begitu juga dengan para murid/mahasiswa dapat mengikuti pembelajaran dari mana saja.

2.3  Fitur Moodle

1. Assigment: Fasilitas ini digunakan untuk memberikan pengasan kepada peserta pembelajaran secara online. Peserta pembelajaran dapat mengakses materi tugas dan mengumpulkan hasil tugas mereka dengan mengirimkan file hasil pekerjaan mereka.
            2. Chat: Fasilitas ini digunakan untuk melakukan proses chatting(percakapan online) antara pengajar dan peserta pembelajaran dapat melakukan dialog teks secara online.
            3. Forum: sebuah forum diskusi secara online dapat diciptakan dalam membahas suatu materi pembelajaran dapat membahas topik topik belajar dalam suatu forum diskusi.
            4. Kuis: dengan fasilitas  ini memungkinkan untuk dilakukan ujian ataupun test secara online.
            5. Survey: fasilitas ini digunakan untuk melakukan jajak pendapat  moodle juga menyediakan kemudahan untuk mengganti model tampilan website e-learning dengan menggunakan teknik template.
            6. Bahasa: beberapa pilihan bahasa juga telah disediakan oleh aplikasi Moodle. Dukungan terhadap bahsa tertentu ini terus berkembang dan dapat di dapatkan dengan cara mendownloadnya dari website Moodle. Saat ini juga sdah tersedia bahasa Indonesia sehingga kita daapat dengan mudah berkomuikasi melalui moodle.
7. Scrorm: Sharerable Conten Object Reference Model (SCORM). Adalah standart pendistribusian paket pembelajaran elektronik yang dpat digunakan untuk menampug brbagai macam format materi pembelajaran,baik dalam bentuk teks,animasi,audio dan video. Dengan menggunakan SCORM maka materi pembelajaran dapat digunakan dimana saja pada aplikasi e-learning lain yang mendukung SCORM.
            Untuk fungsi fungsi baru yang lebih spesifik infrastruktur Moodle mendukung banyak tipe plugin seperti:
1.      aktifitas(termasuk permainan matematika dan kata)
2.      jenis jenis sumber daya
3.      jenis jens pertanyyan(pilihan ganda, benar/salah,mengisi titik-titik, dll)
4.      jenis jenis pengisian data(untuk aktifitas database
5.      tema bergambar
6.      metode autentifikasi(yang membutuhkan akses menggunakan username dan password)
7.      metode pengambilan pembelajaran
8.      penyaring konten

2.4  Pengaplikasian Moodle dalam Pembelajaran

                Pembelajaran menggunakan Moodle sangat menekankan pembelajaran(tidak hanya guru) dapat berkontibusi pada pengalaman edukasional. Menggunakan prinsip pedagogikal, Moodle menyediakan lingkungan fleksibel untuk komunitas belajar. Di dunia e-learning indonesia moodle lebih dikenal fungsinya sebagai Course Management System atau Learning Management System (LMS). Moodle memiliki fitur menyajikan kursus dimana pengajar bisa mengunggah materi ajar,soal dan tugas.murid bisa masuk log in pada moodle kemudian bisa memilih kursus yang disediakan. Aktifitas murid di dala moodle ini akan terpantau progress dan nilainya. Di indonesia sendiri penggunakan Moodle sering digunakan oleh sekolah menengah atas, perguruan tinggi dan perusahaan.
            Menggunakan Moodle jelas mempermudah prses pembelajaran dan berjalannya komunikasi antar civitas akademik. Menggunakan fitur yang tersedia di Moodle parapeserta didik juga lebih mudah menerima informasi terbaru yang ada pada sat itu baik dari guru, internet dan teman sendiri

2.5  Kekurangan Moodle

1.      Memerlukan pemahaman yang lebih mendalam mengenai sistem Moodle

2.      Perlunya tenaga ahli untuk membangun sistem e-learningnya.
3.      Membutuhkan biaya lebih.
4.      Memerlukan hardware khusus.
5.       Harus menginstal aplikasi khusus.

2.6  Kelebihan Moodle

1.      Sistem jaringan dan keamanannya dapat disetting sendiri.
2.      Ruang akses yang dapat dibatasi sesuai dengan kebutuhan(karna bersiafat open source)
3.      Fitur yang lengakap untuk sebuah proses pembelajaran jarak jauh.
4.      Ruang akses yang dapat disesuaikan denagn jaringan yang dibuat.


BAB III PENUTUP

3.1    Kesimpulan

Pesatnya kemajuan teknologi memudahkan kegiatan pembelajaran denagan e-learning. Segala yang dibutuhkan telah tersedia dengan mudahnya. Guru bahkan bukan lagi satu satunya sumber ilmu pengetahuan dan informasi,melaikan juga sebagai fasilitator yang memfasilitasi hasrat dan keinginan belajar peserta didik. Guru,siswa dan tujuan pendidikan akan membentuk suatu triangle. Jika hilang salah satu komponen tersebut maka hilang pulalah hakikat pendidikan. Dalam situasi tertentu tugas guru dapat diwakilkan atau dibantu oleh unsue lain seperti media teknologi tetapi guru tetaplah tidak dapat tergantikan peranannya.Dengan menggunakan Modle maka peran guru akan terbantu dalam proses pembelajaran, menggukan berbagai fitur di  dalamnya yang sudah begitu mumpuni untuk melakukan pross pembelajaran jarak jauh.

3.2    Saran

Penggunaan Moodle yang sangat baik dan besar kontribusinya pada pendidikan ini sebaiknya sering sering diterapkan pada tiap sekolah, selain membantu komunikasi antara guru dan murid Moodle juga sangat membantu cara belajar murid dengan menggunkan berbagai fitur menarik didalamnya. Sebaiknya aplikasi Moodle ini terus dikembangkan dan ditingkatkan pelayanannya.


DAFTAR PUSATAKA


https://id.m.wikipedia.org/wiki/Moodle
http://herdyplanet.blogspot.co.id/2011/07/sejarah-moodle.html?m=1
https://wiearthabatch7.wordpress.com/2013/01/21/kelebihan-dan-kekurangan-moodle-dan-edmodo/
https://moodle.org/mod/forum/discuss.php?d=158093
http://bayupambudi.blogs.uny.ac.id/2015/11/26/aplikasi-pembelajaran-moodle/
https://anamipit.wordpress.com/2014/11/03/teknologi-yang-digunakan-di-bidang-pendidikan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar